Pemanfaatan PVC Board pada Furnitur Sebagai Pendukung Suasana Perilaku dalam Pembuatan Diorama Bengkel Service Mobil Skala 1:18

Muhammad Nabil, Oskar Judianto, Putri Anggraeni Widyastuti

Abstract


Bengkel merupakan sebuah tempat yang dikhususkan untuk memperbaiki produk misalnya alat transportasi seperti mobil. Bengkel sangat dibutuhkan di era modern karena banyaknya penggunaan alat transportasi yang disebabkan oleh peningkatan mobilitas masyarakat. Bengkel umumnya memiliki desain yang khas dan berkarakter sehingga sangat menarik untuk sebagian orang sebagai contoh para pencinta model mobil atau die cast. Para pencinta die cast umumnya membuat bengkel dalam bentuk skala atau yang biasa dikenal sebagai diorama. Diorama bengkel ini difungsikan sebagai lingkungan dari die cast atau model miniatur mobil. Selain itu furnitur berskala yang umumnya berbahan PVC Board sangat dibutuhkan agar meningkatkan kesan realistis di dalamnya. Karena hal-hal tersebutlah Penulis ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan PVC board pada furnitur sebagai pendukung suasana dalam pembuatan diorama bengkel servis mobil skala 1:18. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui dokumentasi untuk memaparkan data-data seperti proses kerja, jenis peralatan, serta bahan baku yang berkaitan dengan proses produksi ini.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Alwi Arif Harahap, Geggy Gamal Surya. (2021). Penerapan 3d Model Sebagai Konsep Perancangan Dompet Plug In Pada Helm Pengendara Sepeda Di Wilayah Kota Dan Sekitarnya. Jurnal Inosains Volume 16 Nomor 2, 79-86.

Farhan Ainu Bikzy, Oskar Judianto. (2021). Pemanfaatan Daur Ulang Sampah Plastik Hdpe Pada Perancangan Badan Jam Tangan. Jurnal Inosains Volume 16 Nomor 2, 87-92.

Felicia Agnes, Jhon Viter Marpaung. (2021). Konsep Perancangan Truk Logistik Bagi Penanggulangan Bencana. Jurnal Inosains Volume 16 Nomor 2, 93-97.

Januar, A., & Judianto, O. PERANCANGAN LAMPU ROTAN KONTENPORER DENGAN MENGANGKAT BUDAYA MELAYU CARUM.

Judianto, O., & Saputra, A. (2018, November). Pengembangan Konsep Desain Mainan Anak Pop-Pop Boat X-Power. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 1, pp. 74-78).

Teddy Velintino, Rudi Heri Marwan. (2021). Perancangan Video Infografis Sejarah Perjalanan Mata Uang Di Indonesia. Jurnal Inosains Volume 16 Nomor 2, 98-106.

Tito Aryantama, Salman Maulana (2021). Perancangan Kendaraan Tanggap Bencana Tenda Medis Modular Untuk Korban Bencana Alam. Jurnal Inosains Volume 16 Nomor 2, 107-115.

Widyastuti, P. A., Pertiwi, R., & Huddiansyah, H. (2019, February). Peran Digitalisasi dalam Fenomena Perubahan Produk Cosplay Buatan Cosmaker pada Industri Cosplay Indonesia. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 2, pp. 272-278).

Widyastuti, P. A. (2020). Pembelajaran 3D Printing sebagai metode perancangan produk kostum (Studi Kasus: industri cosplay). Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk), 3(7), 231-238.

Widyastuti, P. A., & Judianto, O. (2020, March). Pengembangan Ergonomi Bentuk Desain Seterika. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 3, pp. 492-498).

Widyastuti, P. A., & Yusuff, A. A. (2019). Pelatihan Keterampilan Kerajinan Tangan Menggunakan Media Kertas. Pengenalan Pakaian Daerah Jawa Barat” Sebagai Proses Kreatif Siswa Paud Anggrek Rosanila, 11.




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v1i2.612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour

Redaksi Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp: 021-7455555 ext. 1311
desainpedia.journal@upj.ac.id

 

e-ISSN No. 2830-2966