Mencintai Alam Melalui Buku Cerita: Pendekatan Visual Storytelling pada Anak

Andre Akbar Nugraha, Ganis Resmisari

Abstract


Isu lingkungan seperti polusi, deforestasi, dan perubahan iklim telah menjadi perhatian global yang membutuhkan solusi jangka panjang, termasuk pendidikan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran buku cerita anak berbasis visual storytelling dalam menanamkan cinta lingkungan kepada anak usia 3–8 tahun. Dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, penelitian ini menganalisis relevansi topik, efektivitas media, dan peran orang tua serta pengasuh dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita anak yang menggabungkan narasi sederhana, ilustrasi menarik, dan kesan yang imersif mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap nilai-nilai lingkungan. Proses membaca bersama orang tua atau pengasuh memperkuat hubungan emosional dan mendukung penyampaian pesan moral secara efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya buku cerita anak sebagai alat edukasi yang efektif dan berdampak dalam mendidik generasi muda tentang cinta lingkungan. Dengan melibatkan berbagai pihak, buku cerita dapat menjadi jembatan untuk membangun kesadaran lingkungan sejak dini dan menciptakan generasi yang peduli terhadap keberlanjutan alam.


Keywords


Cinta Lingkungan; Buku Cerita Anak; Bercerita Secara Visual; Pendidikan Lingkungan; Peran Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Chiong, C., & DeLoache, J. S. (2013). Learning the ABCs: What kinds of picture books facilitate young children’s learning? Journal of Early Childhood Literacy, 13(2), 225–241. https://doi.org/10.1177/1468798411430091

Clark, C., & Teravainen, A. (2017). Children’s and Young People’s Reading in 2016 Findings from our Annual Literacy Survey 2016. http://www.literacytrust.org.uk/research/nlt_research/7858_celebrating_reading_for_enjoyment-

Fitriyah, Q. F., & Hasibuan, N. S. (2021). Perbedaan Sikap dan Pengalaman Terhadap Kepedulian Lingkungan Sesuai dengan Pendidikan pada Anak Pusat Kota dan Anak Pedesaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 53. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9586

globalforestwatch.org. (2025, 6 Januari). Indonesi Deforestation Rates & Statistics. 9 Januari 2025. https://www.globalforestwatch.org/dashboards/country/IDN/

Hana Pebriana, P. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. In Jurnal Obsesi (Vol. 1, Issue 2). http://obsesi.or.id

Haris Budiman, D., Pd, M., Ftk, D., Raden, I., & Lampung, I. (2016). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Islam, 7.

Hladíková, H. (n.d.). CHILDREN’S BOOK ILLUSTRATIONS: VISUAL LANGUAGE OF PICTURE BOOKS.

iqair.com. (2025, 6 Januari). Kualitas Udara di Indonesia. 9 Januari 2025. https://www.iqair.com/id/indonesia

Jannah, R., Mulyanti, F., & Pasco Bayan, R. (2023). Improving The Child’s Moral Development through The Storytelling Method on Children 5–6 Years Old. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER), 1(2), 48. https://doi.org/10.31958/ijecer.v1i2.6923

Kamil, S. (2024). PEMBIASAAN ORANG TUA DALAM MEMBACAKAN BUKU CERITA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK 4-6 TAHUN (Studi Kasus terhadap Orang Tua Anak Usia Dini Di Kabupaten Sukabumi).

Majdenić, V., & Saratlija, I. (2019). Picture Books for Children of Early School Age for the Purpose of Environmental Education. Pannoniana, 3(1–2), 173–213. https://doi.org/10.2478/pannonia-2019-0010

Maknun, L. F. (2023). PENERAPAN METODE STORYTELLING DALAM PEMBELAJARAN DI MI/SD. JIPDAS, 3(1).

Mubarak, A. F., Rozi, F., & Husin, Moh. (2022). Penggunaan Metode Storytelling dalam Pembelajaran sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 183. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5520

Nikolajeva, M., & Scott, C. (2000). (). In Children’s Literature in Education (Vol. 31, Issue 4).

Paramitha, V. N. (2021). Law Enforcement Over Air Pollution to Bring about Sustainable Development Goals. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/ad.2021.11.2.297-315

Rachman, I., Toru, M., & Yustiani, Y. M. (2015). INFLUENCE OF PARENTS’ BEHAVIOR ON AWARENESS OF CHILDREN TOWARDS ENVIRONMENTAL PRESERVATION. In Sampurasun e-Journal (Vol. 01, Issue 01).

Wadsworth, Barry.J. (1971). Piaget's theory of cognitive development : an introduction for students of psychology and education. New York: McKay.

Zahroh, U. A., & Najicha, F. U. (2022). Problems and Challenges on Environmental Law Enforcement in Indonesia: AMDAL in the Context of Administrative Law. Indonesian State Law Review (ISLRev), 5(2), 53–66. https://doi.org/10.15294/islrev.v5i2.46511




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v4i1.1265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Andre Akbar Nugraha