Tinjauan Perancangan Video Pendek Mengenai Gejala Stres sebagai Pemicu Insomnia pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Grace Sitta Mariszka, Rosa Karnita

Abstract


Abstract — Insomnia is often experienced by final year students with great academic pressure, making them more susceptible to sleep disorders. Insomnia not only reduces sleep quality but also negatively impacts mental, physical, and overall quality of life. This study aims to examine the effect of insomnia on the mental health and quality of life of final-year students. This mixed-methods study used semiotic analysis of a short video on insomnia and a quantitative survey of 40 university students. According to the survey findings, 70% of respondents have excessive anxiety that interferes with their ability to sleep, and semiotic analysis of how video storytelling is effective in delivering educational messages about insomnia. The findings are expected to be the basis for developing video-based educational media as an inclusive learning model to improve students' sleep awareness and quality. Short videos are proven to be a medium that can increase awareness of insomnia, which is beneficial for the productivity and mental health of final-year students.

Abstrak — Insomnia sering dialami oleh mahasiswa tingkat akhir dengan tekanan akademik yang besar, sehingga lebih rentan terhadap gangguan tidur. Insomnia tidak hanya menurunkan kualitas tidur tetapi juga berdampak negatif pada kesehatan mental, fisik, dan kualitas hidup secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh insomnia terhadap kesehatan mental dan kualitas hidup mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan menggunakan analisis semiotika terhadap video pendek mengenai insomnia dan survei kuantitatif terhadap 40 mahasiswa. Menurut temuan survei, 70% responden memiliki kecemasan berlebih yang mengganggu kemampuan mereka untuk tidur, dan analisis semiotika bagaimana video storytelling efektif dalam menyampaikan pesan edukatif tentang insomnia. Temuan ini diharapkan menjadi dasar dalam pengembangan media edukatif berbasis video sebagai model pembelajaran inklusif untuk meningkatkan kesadaran dan kualitas tidur mahasiswa. Video pendek terbukti menjadi media yang mampu meningkatkan kesadaran akan insomnia, yang bermanfaat bagi produktivitas dan kesehatan mental mahasiswa tingkat akhir.

Kata Kunci: stres akademik; gangguan tidur; video edukasi insomnia; analisis semiotika




Keywords


desain komunikasi visual; insomnia; stres akademik; gangguan tidur; video edukasi insomnia; analisis semiotika

Full Text:

PDF

References


Abraham, J., & Scaria, J. (2015). Influence of Sleep in Academic Performance-An Integrated Review of Literature. IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS), 4(4), 78–81. https://doi.org/10.9790/1959-04477881

Agustina, M., & Kalaloi, A. F. (2023). Efektivitas Digital Storytelling Youtube “Satu Persen-Indonesia Life School” Dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental. E-Proceeding of Management, 10(4), 2740.

Drajat, H., & Purnama, H. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DIGITAL STORYTELLING KANAL YOUTUBE “Kok Bisa?” DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 6(1), 382–389. https://doi.org/10.10358/JK.V6I1.815

Goszal, I., & Yuwono, E. (2022). Keterkaitan Kecemasan Dengan Pola Tidur Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Relationship between Anxiety and Sleep Patterns Experienced by Final Year Students. Jurnal Spirit, 13(1), 15–22.

Johannes, S. S., & Kristanto, D. D. (2023). Visualisasi Meditasi untuk Kelompok Dewasa Awal dalam Buku Digital. Jurnal Desain, 10(3), 614–626. https://doi.org/10.30998/JD.V10I3.15065

Maharani, M., Rachman, M. Z., & Suharno, B. (2021). PENGARUH EDUKASI MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG AKTIVITAS FISIK BAGI PENGGUNA SOCIAL MEDIA INSTAGRAM. JURNAL PENDIDIKAN KESEHATAN, 10(2), 201–208.

Nilifda, H. (2016). Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1), 243–249. http://jurnal.fk.unand.ac.id

Nurdin, M. A., Arsin, A. A., & Thaha, R. M. (2018). Kualitas Hidup Penderita Insomnia Pada Mahasiswa. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 14(2), 128. https://doi.org/10.30597/mkmi.v14i1.3464

Pratama, C. P., So, V., Sunoto, Irawan, M. H. I., & Lim, J. (2023). Strategi Naratif Dalam Iklan Online: Menganalisa Pengaruh Introducing Jo & Jek Terhadap Sikap Penonton di Platform Youtube. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 331–337. https://doi.org/10.47065/JTEAR.V4I2.1000

Purba, D. O. (2022). ANALISIS KONTEN VIDEO PENDEK INSTAGRAM REELS BINTANG EMON “JOMPO ADALAH KITA” Duma Oktalia Purba. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 8(2), 59–74. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/dinamika

Putri, A. R. (2020). TINJAUAN PUSTAKA MENGENAI PERBEDAAN DERAJAT KECEMASAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TAHAP PREKLINIK DAN KLINIK. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 7(1), 352–356.

Rustamana, A., Wahyuningsih, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). PENELITIAN METODE KUANTITATIF. Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(6), 1–10. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i5.3317

Ruswati, Marwati, C., & Trihandayani, Y. (2023). HUBUNGAN TINGKAT STRESS DENGAN INSOMNIA PADA MAHASISWA. Jurnal Mahasiswa Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 1(3), 16. https://doi.org/10.59841/jumkes.v1i2.107

Shaalihah, H. M. (2024). THE CORRELATION BETWEEN DEPRESSION LEVEL AND INSOMNIA LEVEL ON CLASS OF 2021 MEDICINE STUDENTS OF MUHAMMADIYAH MAKASSAR UNIVERSITY.

Sun, Y. (2024). Discourse Analysis of the impact of Short Videos on Public Design Awareness and Design Thinking. International Journal of Design, 18(2), 38–40.

Yurinus L. Radja, Ribka Limbu, Eryc Z. Haba Bunga, & Pius Weraman. (2024). Analisis Hubungan Smartphone Addiction, Kecemasan, dan Stres Terhadap Kejadian Insomnia pada Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana Kupang. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 3(4), 798–813. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v3i4.4169




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v4i1.1241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rahmat Sitta Mariszka, Rosa Karnita