Potensi Buku Interaktif Mengenai Edukasi Konsumsi Energi Berlebihan
Abstract
Abstract — Climate change is an ongoing global challenge. According to the Meteorology, Climatology, and Geophysics Agency (BMKG), Indonesia recorded its highest average air temperature in September 2024 at 27.4 °C, the highest since 1981. A survey of 106 respondents aged 18–25 on the island of Java revealed that 91.5% feel the impact of climate change, while 5.7% do not, and 2.8% are unsure. Although factors such as greenhouse gas emissions, deforestation, and industrial waste contribute significantly, excessive energy consumption—especially from fossil fuels—plays a major role. This research aims to identify existing energy-saving practices and measure public awareness. A literature review and online survey methods were used to analyze this behavior. The findings highlight a significant gap: 75.5% of respondents understand the importance of energy saving, yet their daily actions do not fully reflect this awareness. To address this discrepancy, this research proposes the development of an interactive book as an innovative educational tool. With engaging visual and interactive elements, the book aims to increase understanding and encourage behavioral change among the younger generation toward more sustainable lifestyles.
Abstrak — Abstrak — Perubahan iklim merupakan tantangan global yang sedang berlangsung. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia mencatat suhu rata-rata udara tertinggi pada September 2024 sebesar 27,4 °C, tertinggi sejak tahun 1981. Survei terhadap 106 responden berusia 18–25 tahun di Pulau Jawa menunjukkan bahwa 91,5% merasakan dampak perubahan iklim, 5,7% tidak merasakannya, dan 2,8% tidak yakin. Meskipun emisi gas rumah kaca, deforestasi, dan limbah industri menjadi faktor penyebab utama, konsumsi energi yang berlebihan—terutama dari bahan bakar fosil—berperan besar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi praktik hemat energi yang telah dilakukan serta mengukur tingkat kesadaran masyarakat. Penelitian dilakukan dengan metode gabungan antara studi literatur dan survei daring. Hasilnya menunjukkan adanya kesenjangan: 75,5% responden memahami pentingnya penghematan energi, namun tindakan sehari-hari mereka belum sepenuhnya mencerminkan kesadaran tersebut. Untuk mengatasi kesenjangan ini, penelitian ini mengusulkan pengembangan buku interaktif sebagai media edukasi inovatif. Dengan elemen visual yang menarik dan interaktif, buku ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan mendorong perubahan perilaku generasi muda menuju gaya hidup yang lebih berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adityo Wicaksono. (2024, October 7). Anomali Suhu Udara Bulan September 2024 | BMKG. https://www.bmkg.go.id/iklim/anomali-suhu-udara-bulanan.bmkg?p=anomali-suhu-udara-bulan-september-2024&tag=〈=ID
Afandi, J., & Wibawa, A. (2022). Implementasi Energi Terbarukan dan Urgensinya Dalam Lingkungan Hidup Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.17977/um068v2i12022p44-49
Al Bahij, A., & Bachtiar, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Hemat Energi Terhadap Perilaku Hemat Energi. Jurnal PGSD, 6(1).
Alia Amalia. (2023, December 27). Fenomena Global Boilling Tantangan Global yang Membutuhkan Aksi Bersama Halaman all - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/aliaamalia/658b899512d50f5d2360f4d3/fenomena-global-boilling-tantangan-global-yang-membutuhkan-aksi-bersama?page=all&page_images=1
Apa Itu Energi dan Manfaatnya bagi Kehidupan Manusia. (2022, January 25). https://universitaspertamina.ac.id/berita/detail/apa-itu-energi-dan-manfaatnya-bagi-kehidupan-manusia
Arrijal Rachman. (2023, August 9). Ini Bukan Lagi Era Global Warming, Tapi Global Boiling! https://www.cnbcindonesia.com/news/20230809062618-4-461295/ini-bukan-lagi-era-global-warming-tapi-global-boiling
Gernowo, R., & Adi dan Zaenal Arifin, K. (2012). STUDI AWAL DAMPAK PERUBAHAN IKLIM BERBASIS ANALISIS VARIABILITAS CO 2 DAN CURAH HUJAN (Studi Kasus; Semarang Jawa Tengah) (Vol. 15, Issue 4). http://www.ngdc.noaa.gov..
Haryanto, H. C., & Prahara, S. A. (2019a). PERUBAHAN IKLIM, SIAPA YANG BERTANGGUNG JAWAB? Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 21(2), 50. https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i2.811
Lundberg, D. C., Tang, J. A., & Attari, S. Z. (2019). Easy but not effective: Why “turning off the lights” remains a salient energy conserving behaviour in the United States. Energy Research & Social Science, 58, 101257. https://doi.org/10.1016/J.ERSS.2019.101257
Nandy. (n.d.). Pengertian Efek Rumah Kaca, Proses Terjadinya & Dampaknya – Gramedia Literasi. Retrieved October 20, 2024, from https://www.gramedia.com/literasi/efek-rumah-kaca/
Tungary, O., Bangsawan, A., & Nilasari, K. (2023). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF AKTIVITAS DOMESTIK SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN.
Yenny hardiyanti. (n.d.). Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Usia Dini - News Schoolmedia. Retrieved November 26, 2024, from https://news.schoolmedia.id/artikel/Pentingnya-Pendidikan-Bagi-Anak-Usia-Dini-55
DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v4i1.1209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Regita Mahira Wudyatami, Sri Retnoningsih