Representasi Visual Obyek Wisata Lawang Sewu, Semarang dalam Media Promosi

Muhammad Hanif Ashila

Abstract


Lawang Sewu merupakan destinasi wisata ikonik di Kota Semarang yang memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi visual Lawang Sewu dalam media promosi digital guna meningkatkan daya tarik wisatawan. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui studi literatur, observasi media digital, serta analisis visual terhadap fotografi, sketsa, ilustrasi, dan lukisan naturalis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen visual seperti komposisi, warna, perspektif, dan pencahayaan memainkan peran penting dalam membangun daya tarik estetika dan narasi budaya Lawang Sewu. Media promosi digital yang efektif tidak hanya meningkatkan kesadaran terhadap destinasi ini tetapi juga memperkuat identitasnya sebagai simbol sejarah dan kebanggaan Kota Semarang. Rekomendasi strategis disajikan untuk mengoptimalkan promosi visual di era digital. 

Keywords


Lawang Sewu; Visualisasi; Media Digital; Media Promosi

Full Text:

PDF

References


BASKORO, D. H., & MUDAKIR, B. (2013). ANALISIS KUNJUNGAN OBJEK WISATA LAWANG SEWU DI KOTA SEMARANG.

Brahmanto, E. (2022). Gatronomi Lawang Sewu dan Lumpia Sebagai Icon Kota Semarang Jawa Tengah. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 13(1), 74–80. https://doi.org/10.31294/khi.v13i1.12427

Dinas Budaya Pariwisata. (2024). Kota Semarang Raih Peringkat Pertama: Wisatawan Terbanyak di Jawa Tengah Selama Libur Lebaran 2024. Https://Pariwisata.Semarangkota.Go.Id/Frontend/Web/Index.Php?R=site%2Fberita-Details&id=47.

Kard, S. T., Mackinlay, J. D., & Scheiderman, B. (1999). Readings in Information Visualization, Using vision to think.

Kristanto, D. D., Nugraha, H., Purwanto, E., & Leksono, F. B. (2024). Unveiling Indonesian Coffee Identity: Developing Packaging Designs Aligned with Japanese Trends. In A. Hidayat (Ed.), Proceedings of the International Conference on Multidisciplinary Studies (ICoMSi 2023) (pp. 474–488). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-228-6_39

Ramdhan, M. (2021). METODOLOGI PENULISAN. Cipta Media Nusantara.

Saputra, H. N. (2021). LANDSCAPE FOTOGRAFI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PANTAI DI KABUPATEN PACITAN.

Sari, N. N., Muali, C., Rozi, F., Ernawati, Y., & Shofiyatul, M. (2022). To Improve o f The Children ’ s Natural Intelligence with Nature Based Learning. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4566–4573.

Setiawan, D. M. N., & Frederika, M. (2020). PELATIHAN TEKNIK MENGGAMBAR RUANG: PERSPEKTIF 1 TITIK HILANG.

Sigalingging, T. W., Nurcahyanto, H., Marom, A., & Soedarto, J. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA CANDI GEDONGSONGO KABUPATEN SEMARANG. https://doi.org/10.14710/jppmr.v13i2.43286

Wibawa, B. A. (2015). PERUBAHAN FUNGSI BANGUNAN LAWANG SEWU DAN IMAGE KOTA SEMARANG TAHUN 1904 - 2009. Universitas Negeri Semarang, PERUBAHAN FUNGSI BANGUNAN LAWANG SEWU DAN IMAGE KOTA SEMARANG TAHUN 1904-2009, 1–89. http://lib.unnes.ac.id/22619/




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v3i2.1154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Hanif Ashila

Redaksi Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp: 021-7455555 ext. 1311
desainpedia.journal@upj.ac.id

 

e-ISSN No. 2830-2966