Perancangan Sarana Penunjang Food Safety Delivery untuk Sepeda Motor

Amelia Agustina Herlijanto, Alan David Prayogi, Raphael Kevin Nazario

Abstract


Penyediaan makanan melalui layanan pengiriman telah menjadi tren yang semakin populer, terutama di era digital saat ini. Namun, keselamatan pangan (food safety) dalam pengiriman makanan tetap menjadi perhatian utama, terutama dengan adanya risiko ketumpahan dan tumbuhnya bakteri pada makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis sarana penunjang yang dapat meningkatkan food safety delivery untuk sepeda motor. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan wawancara terstruktur kepada pengirim makanan menggunakan sepeda motor serta pemilik bisnis yang berada di Kota Surabaya. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi masalah, kebutuhan, dan preferensi terkait sarana penunjang food safety delivery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendara sepeda motor menghadapi beberapa tantangan terkait food safety delivery, termasuk kurangnya sarana penunjang yang sesuai dan peralatan pendukung. Dengan mempertimbangkan hasil analisis, penelitian ini menyajikan desain konseptual untuk pengembangan sarana penunjang yang dapat meningkatkan food safety delivery, termasuk penggunaan box / kontainer termal, hand sanitizers, dan fitur lain pada sarana penunjang food safety delivery untuk sepeda motor. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi industri layanan pengiriman makanan dalam upaya meningkatkan keselamatan pangan selama proses pengiriman.

Keywords


Food Safety Delivery; Industri Pengiriman; Sepeda Motor

Full Text:

PDF

References


Aprilianti, I., & Amanta, F. (2020). Makalah Kebijakan No. 28 Memajukan Keamanan Pangan pada Layanan Pesan Antar Makanan Daring di Indonesia.

Chai, L. T., & Yat, D. N. C. (2019). Online Food Delivery Services: Making Food Delivery the New Normal. Journal of Marketing Advance and Practice, 1(1), 62–77.

Dewi, S. R., Sumbogo, I. A., Sumbogo, I. A., & Sumbogo, I. A. (2018). KAJIAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN GO-FOOD DI DKI JAKARTA, DENGAN TINJAUAN PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN. National Conference of Creative Industry. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1244

Halimah, Wi., Hidayat, N., & Fidhyallah, N. F. (2021). Pengaruh Kualitas Makanan, Nilai yang Dirasakan, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Layanan Pemesanan Makanan Online PizzaPesan Antar. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(2), 325–335.

Hamida, I. A., & Amron, A. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN MENGGUNAKAN LAYANAN PESAN-ANTAR SHOPEE FOOD (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE FOOD DI KOTA SEMARANG). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 25(1), 33. https://doi.org/10.31941/jebi.v25i1.1921

Jayanti, K. F., Fatimah, F., & Izudin, A. (2022). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA PENGIRIMAN BARANG JNE DI BESUKI. RELASI : JURNAL EKONOMI, 18(1), 182–191. https://doi.org/10.31967/relasi.v18i1.530

Lufiana, D. V., Febriana, R., & Rahayu, S. (2020). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS MAKANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LAYANAN PESAN ANTAR OJEK ONLINE. Jurnal Sains Boga, 2(1), 7–11. https://doi.org/10.21009/JSB.002.1.02

Prabowo, G. T., & Nugroho, A. (2019). Factors that Influence the Attitude and Behavioral Intention of Indonesian Users toward Online Food Delivery Service by the Go-Food Application. Proceedings of the 12th International Conference on Business and Management Research (ICBMR 2018). https://doi.org/10.2991/icbmr-18.2019.34

Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PESAN ANTAR MAKANAN GOFOOD DI KOTA SOLO. EXCELLENT, 8(1), 70–78. https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.888

Zakia, N., Suhartanto, D., & Kania, R. (2020). Faktor Pembentuk Kepercayaan Pembelian Makanan Halal melalui Pengiriman Makanan Daring. Prosiding 11th Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS), 1186–1191.




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v3i2.1060

Refbacks



Copyright (c) 2025 Amelia Agustina Herlijanto, Alan David Prayogi, Raphael Kevin Nazario

Redaksi Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp: 021-7455555 ext. 1311
desainpedia.journal@upj.ac.id

 

e-ISSN No. 2830-2966