Hubungan Antara Self-Regulated Learning dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Semester Pertama Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya

Supriyanto S

Abstract


Masa transisi dari jenjang pendidikan menengah (SMA) ke jenjang pendidikan tinggi (universitas) merupakan periode yang krusial bagi mahasiswa baru. Belajar di perguruan tinggi menuntut mahasiswa untuk lebih mandiri, aktif, mengambil keputusan yang tepat dan rasional berkaitan dengan studinya dan mengeksplorasi potensi-potensi yang dimilikinya. Menurut Arjanggi dan Suprihatin (2010), kapasitas regulasi diri (self-regulated learning) memiliki perang penting dalam menentukan kesuksesan pembelajaran mahasiswa di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara self-regulated learning dan prestasi akademik pada mahasiswa semester pertama Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dan prestasi akademik pada mahasiswa semester pertama Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya.


Kata kunci: self-regulated learning, prestasi akademik mahasiswa, pendidikan tinggi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v2i1.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id