Updated, December 20th, 2023
Persepsi Mahasiswa Terkait Ekspektasi, Branding Institusi dan Kepuasannya Saat Memilih Perguruan Tinggi Swasta (Studi pada Universitas Pembangunan Jaya, Banten)
Abstract
Mahasiswa merupakan pemangku kepentingan dari perguruan tinggi, khususnya bagi perguruan tinggi swasta (PTS). Peran mahasiswa di PTS mendukung keberlangsungan opersional perguruan tinggi. Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) merupakan salah satu PTS yang berada di Tangerang Selatan, Banten telah melakukan upaya branding guna menjaring mahasiswa untuk masuk dan berkuliah di UPJ. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap ekspektasinya, branding institusi, dan kepuasannya terhadap Universitas Pembangunan Jaya. Metode penelitian bersifat eksploratif sehingga data disajikan dalam bentuk statistik deskriptif atas persepsi mahasiswa terhadap ketiga variabel. Data berasal dari tanggapan mahasiswa kelas reguler UPJ pada periode genap 2022/2023 yang berjumlah 319 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa memiliki ekspektasi untuk lulus tepat waktu selama berkuliah di Universitas Pembangunan Jaya. Selain itu, reputasi institusi yang menyebutkan UPJ sebagai universitas yang didukung oleh Pembangunan Jaya Grup adalah indikator paling tinggi menurut persepsi mahasiswa memilih UPJ untuk berkuliah. Serta, indikator Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di UPJ yang memberikan kepuasan dalam kategori tinggi bagi mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agwil, W., Fransiska, H., & Hidayati, N. (2020). Analisis Ketepatan Waktu Lulus Mahasiswa dengan Menggunakan Bagging Cart. Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 155-166.
Ali-Choudhury, R., Bennet, R., & Savani, S. (2009). University marketing directors' views o the components of a university brand. International Review Public Nonprofit Marketing, 11-33.
Bennett, R., Kottasz, R., & Nocciolino, J. (2007). Catching the early walker: an examination of potential antecedents of rapid student exit from business‐related undergraduate degree programmes in a post‐1992 university. Journal of Further and Higher Education, 109-132.
Brown, R. M., & Mazzarol, T. W. (2009). The Importance of Institutional Image to Student Satisfaction and Loyalty within Higher Education. Higher Education, 81-95.
Byrne, M., Flood, B., Hassall, T., Joyce, J., Montano, J. L., Gonzalez, J. M., & Germanou, E. T. (2012). Motivations, expectations and preparedness for higher education: A study of accounting students in Ireland, the UK, Spain and Greece. Accounting Forum, 134-144.
Degtjarjova, I., Lapina, I., & Freidenfelds, D. (2018). Students as Stakeholder: "Voice of Costumer" in Higher Education Quality Development. Marketing and Management of Innovations, 388-398.
Economist, T. (2014, March). Higher Education in the 21st century: Meeting real-world demands. Retrieved from The Economist: https://www.readkong.com/page/higher-education-in-the-21st-century-meeting-real-world-8722743
Faturochman. (2002). Keadilan perspektif psikologi. Pustaka Pelajar.
Garipagaoglu, B. C. (2015). Branding in Higher Education: A Case Study from Turkey. Higher Education Policy, 1-18.
Harun, H. (2007). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Produk Telkom Flexi (Studi Kasus PT. Telekomunikasi Indonesia Kota Semarang). Semarang: Program Studi Magister Manajemen, Universitas Diponegoro.
Hudson, B. T. (2011). Brand Heritage and The Renaissance of Cunard. European Journal of Marketing, 1538-1553.
Kamal, B., & Rahmadiane, G. D. (2017). Pengaruh Persepsi, Akreditasi Prodi dan Promosi terhadap Keputusan Memilih Program Studi Akuntansi pada Politeknik Harapan Bersama. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 145-158.
Kember, D., Ho, A., & Hong, C. (2010). Initial Motivational Orientation of Students Enrolling in Undergraduate Degrees. Studies in Higher Education, 236-276. doi:https://doi.org/10.1080/03075070903023510
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Edition. United Kingdom: Pearson.
Levy, J. (2015). UX Strategy How to Devise Innovative Digital Products that People Want. Sebastopol: O’Reilly Media, Inc.
Mustikasari, R. (2019). Pengembangan Instrumen Pengukuran Kepuasan Mahasiswa dalam Peningkatan Mutu Layanan Perguruan Tinggi . Jurnal Edukasi, 39-59.
Naidoo, R., Gosling, J., Bolden, R., O'Brien, A., & Hawkins, B. (2014). Leadership and branding in business schools: a Bourdieusian analysis. Higher Education Research & Development, 144-156.
Nastain, M. (2017). Branding dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding dan Tantangan Eksistensi Produk). Channel, 14-26.
Nurniah, & Burhany, D. I. (2012). Analisis Motivasi dan Ekspektasi Mahasiswa dalam Menempuh Pendidikan Tinggi Akuntansi. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 174-191.
Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Economia, 52-65.
Setiawan, A. A., Purnama, D. G., Soejoatmodjo, G. W., Irawan, H., Rahmat, H., & Supriyanto. (2019). Panduan Kurikulum KOTA. Tangerang Selatan: Unit LSE, Universitas Pembangunan Jaya.
Srinadi, I. A., & Nilakusmawati, D. P. (2008). Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di FMIPA, Universitas Udayana). Cakrawala Pendidikan, 217-231.
Subagiyo, R., & Adlan, M. A. (2017). Pengaruh Service Quality, Marketing Mix, dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 1-15.
Sukmaningtyas, G., & Purnomo, D. (2012). Sikap dan Ekspektasi Mahasiswa Non Kependidikan Program Profesi Keguruan IKIP PGRI Semarang Terhadap Profesi Guru. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 1-6.
Sunaryo, W., Rubini, B., & Faruk, U. A. (2023). The Role of Social Media, Service Quality and Public Relation on Organization Image. International Journal of Data and Network Science, 405-410.
Umar, H. (2007). Studi kelayakan bisnis. Gramedia.
Vroom, V. H. (1964). Work and Motivation. John Wiley & Sons, Inc.
Yuliarmi, N. N., & Riyasa, P. (2007). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan PDAM Kota Denpasar. Buletin Studi Ekonomi, 9-28.
DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v11i1.839
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 WIDYAKALA JOURNAL : JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id