Updated, December 20th, 2023
Representasi Feminisme Dalam Karakter Pahlawan Perempuan Captain Marvel
Abstract
Abstract — One of the film genres with an extraordinary development is film with the theme of heroism. Various film producer companies such as Marvel Entertainment, Warner Brothers, and Disney are competing to produce hero-themed films that always attract the attention of the audience. However, Marvel Entertainment has put more emphasis on male hero characters, until in 2019 there is a female hero character who has her own film, Captain Marvel. This is interesting because usually women in films are shown only as supporting characters for male heroes. Therefore, this study aims to see how feminism is represented in the character of Captain Marvel. This study will use Roland Barthes' Semiotics research method to see the symbols used to describe the values of Feminism displayed by this character, supported by Communication Theory and Feminism Theory related to mass media, especially films. The results showed that the character of Captain Marvel is depicted as a female figure who has greater strength than men and shows some values of radical and liberal feminism. In the film, Marvel Entertainment unfortunately has to show that Captain Marvel must have super power before recognized or considered superior to men.
Keywords: Film, Feminism, Captain Marvel, Captain Marvel, Roland Barthes Semiotic
Abstrak — Salah satu genre film dengan perkembangan yang luar biasa adalah film yang bertemakan kepahlawanan. Berbagai perusahaan produsen film seperti Marvel Entertainment, Warner Brothers, hingga Disney berlomba-lomba menghasilkan film-film bertema kepahlawanan yang selalu menarik perhatian penonton. Namun selama ini Marvel Entertainment lebih menekankan pada tokoh-tokoh pahlawan pria, hingga pada tahun 2019 ada karakter pahlawan perempuan yang memiliki filmnya sendiri yaitu Captain Marvel. Hal ini menarik karena biasanya perempuan dalam film ditampilkan hanya sebagai karakter pendukung pahlawan pria. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana representasi Feminisme dalam sosok karakter Captain Marvel. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian Semiotika Roland Barthes untuk melihat simbol-simbol yang digunakan untuk menggambarkan nilai-nilai Feminisme saja yang ditampilkan oleh karakter tersebut, didukung dengan Teori Komunikasi dan Teori Feminisme yang berkaitan dengan media massa terutama film. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa karakter Captain Marvel digambarkan sebagai sosok perempuan yang memiliki kekuatan yang besar dari laki-laki dan menunjukkan beberapa nilai feminism radikal maupun liberal. Dalam film yang diteliti, Marvel Entertainment sayangnya harus menampilkan Captain Marvel memiliki kekuatan super terlebih dahulu untuk dapat diakui atau dianggap lebih hebat dari pria.
Kata Kunci: Film, Feminisme, Captain Marvel, Semiotika Roland Barthes
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brownmiller, S. (2013). Femininity. New York: Open Road.
Ertanti, S. (2016). Representasi ToleransiBeragama dalam Film“Cahaya dari Timur: Beta Maluku. Diambil dari Universitas Walisongo: http://eprints. walisongo.ac.id/6470/1/COVER.pdf
Gamble, S. (2010). Pengantar Memahami Feminisme dan Postfeminisme. Yogyakarta: Jalasutra.
Hickey, W. (2014, Oktober 13). Comic Books Are Still Made By Men, For Men And About Men. diambil dari Fivethirtyeigth: https://fivethirtyeight.com/ features/women-in-comic-books/
Hollows, J. (2010). Feminisme, Feminitas, dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra.
Hooks, B. (2000). Feminism is For Everybody Passionate Politics. London: Pluto Press.
Irawan, R. (2014). Representasi Perempuan Dalam Industri Sinema. Humaniora, 1-8.
Jones, P., Bradbury, L., & Boutillier, S. L. (2016). Pengantar Teori-teori Sosial (Edisi Revisi). Jakarta: Gramedia.
Madsen, L. D. (2000). Feminist Theory and Literary Practice. London: Pluto Press.
Marvel. (2020). Explore The Universe. Diambil dari Marvel: https://www.marvel.com/explore
Marvel. (2020). Marvel Corporate Information. Diambil dari Marvel: https://www.marvel.com/corporate/ about/
McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory 6th Edition. London: SAGE.
Movieweb. (2010, April 26). Kevin Fiege Talks Iron Man 2, The Avengers and More [Exclusive]. Diambil dari Movieweb: https://movieweb.com/exclusive-kevin-fiege-talks-iron-man-2-the-avengers-and-more/
Ni Luh, D. I. (2010, Agustus 8). Warna. Retrieved from Repository ISI Denpasar: 1-3
Pusparisa, Y. (2020, Oktober 14). Perempuan Mendominasi Tenaga Kerja Usaha Jasa. Diabil dari Katadata: https://databoks.katadata.co.id/ datapublish/2020/10/14/perempuan-mendominasi-tenaga-kerja-usaha-jasa
Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar Gender dan Feminisme. Yogyakarta: Garudhawaca.
Sobur, A. (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thornham, S. (2010). Teori Feminis dan Cultural Studies. Yogyakarta: Jalasutra.
Watson, A. (2020, Januari 10). Superhero movies: domestic box office revenue. Diambil dari Statista: https://www.statista.com/statistics/311931/superhero-movies-box-office-revenue/
DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v8i0.393
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id