Updated, December 20th, 2023
Corporate Disclosure melalui Media Sosial untuk Mengurangi Asimetri Informasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah upaya perusahaan mengungkapan informasi (corporate disclosure) yang berguna untuk pengambilan keputusan investor melalui media sosial perusahaan dapat mempengaruhi asimetri informasi yang menyebabkan salah satu investor menerima informasi yang lebih banyak dibandingkan investor yang lain. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan sampel penelitian pada perusahaan Consumer Goods Industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018. Sektor industri ini dipilih karena diduga akan menghasilkan prediksi yang lebih kuat pada perusahaan yang konsumennya adalah konsumen retail dibandingkan dengan konsumen bisnis. Penelitian ini menguji apakah keterbukaan informasi melalui media sosial seperti facebook dan twitter yang dimiliki perusahaan mampu menurunkan asimetri informasi. Kedua platform media sosial tersebut dipilih karena banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda, diperoleh hasil yang mengejutkan dimana media sosial yang berpengaruh signifikan pada asimetri informasi adalah facebook, sedangkan media sosial twitter tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap asimetri informasi. Hal ini membuktikan bahwa bagi masyarakat Indonesia, facebook dapat digunakan untuk menggali informasi mengenai perusahaan yang akan menjadi tujuan investasi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i1.226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id