Pemanfaatan Limbah Keramik (Tile) untuk Pengembangan Produk Elemen Mosaic pada Dinding (Studi Kasus pada Usaha Kecil Mozaik di Cimahi)

Deden Maulana

Abstract


Mozaik, adalah perwujudan karya seni dimana bentuknya berupa susunan keping-keping dari bahan tertentu, seperti; seperti dari batu, kaca, plastik, kayu dan seterusnya yang mempunyai unsur warna serta dapat dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah karya visual.
Model bentuk seni mozaik ini bukanlah hal yang baru, karya seni mozaik telah lama diketemukan sebagai elemen estetis yang banyak ditempatkan pada dinding ruang, seperti; pada bangunan tempat peribadatan, ruang pertemuan serta beberapa rumah yang kini banyak diketemukan pada bangunan heritage.
Pada masa sekarang, pemodelan karya mozaik ini telah banyak diadopsi menjadi kebutuhan elemen estetik untuk penataan dekorasi interior pada perumahan, seperti ; penataan mozaik pada dinding rumah, resort, apartemen, hotel dan seterusnya. Penerepan mozaik juga dapat dilakukan di luar ruang atau eksterior guna melengkapi keindahan taman.
Model pendekatan dari penelitian ini adalah bentuk eksperimen yaitu untuk mencari dan menciptakan menciptakan bentuk, serta konfigurasi susunan warna baru dari limbah potongan keramik yang tersedia dari hasil pabrikan. Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah memanfaatkan sisa potongan keramik dari hasil limbah menjadi bentuk yang lebih bermanfaat.


Kata kunci: Art, Design, Etnic, Mosaic, Modular, Pixelite, Material, Production technical


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v2i1.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id